28 Mei 2013

9 Chinese Food Paling Yahud


Diskitar kita ternyata banyak sekali makanan yang kita anggap makanan lokal, ternyata berasal dari Cina. Maklum saja, bangsa kita sudah hidup bersama dengan warga keturunan sudah sejak ratusan tahun lalu. Ternyata makanan seperti tahu, bakso, bahkan soto yang sudah sangat lokal, aslinya adalah masakan Cina.

Dan pada blogger saya kali ini, saya akan membahas tentang 9 Chinese Food Paling Yahud versi Randybook. Oke Mas Bro, Mbak Bro, yuk kita bahas satu-persatu!!

1. Bakso


Rasanya enggak ada yang menandingi kepopuleran makanan dari daging giling yang dibentuk jadi bundar dan disajikan bersama kuah dan mi ini. Rasanya, hampir semua gang atau kompleks pasti dijelajahi tukang bakso. Bahkan restoran bakso dapat dengan mudah ditemui di mana-mana. Eh, di kantin sekolahmu juga ada kan?

2. Bakpao


Bagian luarnya mirip roti dan umumnya berisi daging sapi, daging ayam, atau kacang hjau. Asyiknya dimakan hangat-hangat dan cocok jadi pengganjal perut yang praktis. Penjualnya lumayan banyak, biasanya berjualan pakai gerobak sepeda. Jadi bisa keliling ke mana-mana.

 3. Siomay

Makanan dari daging ikan cincang yang dicampur tepung dan disajikan bersama kol rebus, tahu, dan lain-lain, lalu dimakan dengan bumbu kacang dan kecap ini juga populer. Karena bahan utamanya ikan, siomay terasa gurih di lidah. Nah, siomay juga mudah ditemui di mana-mana.

4. Fu Yung Hai


Makanan ini adalah cincangan ikan dicampur tepung dan telur yang digoreng. Lalu disiram saus. Rasanya gurih sekaligus segar. Biasanya ada di restoran Chinese Food, jadi memang enggak terlalu mudah dijumpai.

5. Bakmi


Bakmi itu bisa bakmi goreng, bakmi rebus, bakmi pangsit, dan lain-lain. Belum lagi campurannya bisa pakai udang, hati ayam, daging, daging ayam, dan lain-lain. Pokoknya jadi seru! Mungking karena bisa menjelma jadi banyak variasi, bakmi pun jadi populer.

6. Cakwe


Makanan ini cocoknya jadi camilan. Bahannya adalah tepung roti yang diadon dan digoreng. Makannya dicelup pakai saus encer, rasanya gurih. Biasanya penjualnya ada di tukang jajanan di sekolah atau ngumpul bareng tukang jajanan lain semisal gorengan, bakpao, atau martabak.

7. Capcay


Asyiknya dimakan pakai nasi. Soalnya capcay ini isinya sayur-sayuran dicampur bakso, telur, udang, hati ayam, dan lain-lain. Rasanya gurih dan segar, juga sehat karena memang berisi sayur-sayuran kayak sawi, kembang kol, dan wortel. Biasanya dijual di restoran Chinese Food, dan masih sedikit yang jual keliling, jadi memang kurang ngetop.

8. Kwetiau


Bentuknya mirip mie, tapi lebih lebar kayak pita. Rasanya kenyal dan gurih. Biasanya ada dua macam kwetiau, yaitu goreng dan rebus. Campurannya daging sapi, daging ayam, bakso, udang, hati ayam, dan lain-lain. Biasanya dijual di restoran Chinese Food, tapi juga ada lo tukang nasi goreng atau bakmi keliling yang menjualnya.

9. Swike


Makanan ini bahan dasarnya dari kaki kodok. Jadi mungkin enggak semua orang bisa memakannya dikarenakan keyakinannya. Biasanya ada yang digoreng atau yang direbus. Kalau pakai kuah biasanya berbumbu tauco sedangkan yang digoreng biasanya dibalut tepung atau goreng mentega. Karena dijualnya hanya di restoran khusus swike dan enggak semua orang dapat memakannya, popularitasnya enggak seberapa.

 Nah gimana? Yahud bukan?

Untuk Mas Bro dan Mbak Bro yang telah membaca blogger saya, saya sangat mengucapkan terima kasih. Salam!

1 komentar:

  1. Pengobatan Penyakit Sipilis ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.

    BalasHapus

Mau masuk Facebook? klik disini !!